Home » » Aditya Gumay Bermaksud Filmkan Radio Rimba Raya

Aditya Gumay Bermaksud Filmkan Radio Rimba Raya

BANDA ACEH - Sutradara film “Emak Ingin Naik Haji” Aditya Gumay bermaksud memfilmkan Radio Rimba Raya dalam bentuk film layar lebar. Hal itu dikatakanya Kamis (10/11) dalam acara diskusi dan pemutaran film “Rumah Tanpa Jendela” di Gedung Sultan Selim II, Banda Aceh, yang diselenggarakan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Banda Aceh.

“Jika menarik film dokumenter yang dibuat anak-anak MAN 2 Banda Aceh tentang Radio Rimba Raya, akan saya buatkan film layar lebar,”kata Aditya Gumay, selesai mendengar penjelasan singkat tentang pembuat film dokumenter Radio Rimba Raya yang digarap pelajar MAN 2 Banda Aceh, Kamis (10/11).

Kepada Serambi, sutradara yang pernah meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik 2 dalam Festival Film Bandung (FFB) 2010 mengaku pernah membaca tentang sejarah Radio Rimba Raya saat di Jakarta. Untuk sutradara muda yang sering mengangkat kisah kehidupan sosial masyarakat kelas bawah ini, ingin mengetahui lebih dekat lagi tentang Radio Rimba Raya.

“Ini baru wancana, kalau memang cukup menarik dan hasil film yang mereka buat cukup dalam survey dan risetnya, bisa jadi itu akan menarik sekali untuk difilmkan. Karena kisah tentang Radio Rimba Raya belum pernah difilmkan,”kata sutradara terkenal itu.

Tegas Aditya Gumay, ada banyak cara untuk berjuang, dengan bambu runcing, senapan, apakah dengan tulisan seperti Ibu Kartini, atau berbicara di radio. Artinya berbagai cara bisa dilakukan orang untuk memerdekakan negeri ini. Namun kisah dibalik perjuangan kemerdekaan lewat Radio Rimba Raya sesuatu yang beda.

Selain itu, Aditya mengakui kekagumannya tentang kehidupan masyarakat Aceh yang Islami. “Saya harus menetap di Aceh beberapa waktu guna mempelajari karakter dan budaya masyarakatnya, sehingga film yang dibuat nanti memiliki frame yang benar-benar menarik dan menyentuh,” pungkasnya.(c47)

Sumber:"Serambinews"

Editor : hasyim
Share this article :

Post a Comment

Selamat Datang Di Website Radio Aceh Live Streaming 

Paypal For Business

Free Premium Themes

\