Home » » Radio FM dengan IC CXA1019P

Radio FM dengan IC CXA1019P

Untuk praktek siswa SMP , kita buat radio FM yang sederhana dan mudah sekali dirakit namun mempunyai kepekaan/sensitivitas yang tinggi. IC yang dipakai yaitu CXA1019P, sangat banyak di toko-toko elektronik dan cukup murah.


Satu kesulitan yang ditemui untuk merakit radio ini adalah mengetrim coil (2 buah coil), satu coil beresonansi pada frekuensi local oscillator dan satu lainnya beresonansi pada frekuensi antenna(stasiun Pemancar FM). Akan sangat membantu jika anda punya DIP meter, tahu khan: yaitu alat untuk ngeliat resonansi LC. Idealnya selisih resonansi keduanya: 10,7 MHZ, LO lebih tinggi 10,7 MHz dibanding resonator antenna.









Contoh: jika kita menangkap siaran radio FM pada frekuensi 100 MHz, maka Local Oscillator (LO) harus beresonansi pada 110,7 MHZ dan antena harus resonant di 100 MHz. Jika itu sudah tercapai maka penerimaan receiver akan sangat sensitive. Juga radio ini dilengkapi dua buah Ceramic Filter 10,7 MHz untuk menambanh selectivitas. Di dalam IC CXA 1019P ini sudah built in Audio Amplifier, sehingga outputnya lansung bisa ke Speaker 8 Ohm.



Share this article :

Post a Comment

Selamat Datang Di Website Radio Aceh Live Streaming 

Paypal For Business

Free Premium Themes

\